Bab 12. Sersan Vasily Okhlopkov



Dua mobil tidak meluncur ke markas besar, melainkan berbelok masuk ke hotel bintang lima. Aku yang menyuruhnya ke sana. Tukang pukul langsung membanting setir.

Togar yang mendapatkan kabar terbaru tersebut juga tergopoh-gopoh bersama pasukannya menuju hotel itu. Kami bertemu di lobi, dan tanpa banyak bicara, langsung menuju Presidential Suite. Lift bergerak menuju lantai dua puluh, berjalan cepat menuju pintu.

Direktur hotel terbirit-birit menemaniku, membungkuk-bungkuk sepanjang jalan, kemudian membuka pintu dengan kunci yang dia bawa, aku segera melangkah masuk, berteriak marah.

“YUKI!! KIKO!!”

Yuki muncul dengan piyama pink, rambutnya berantakan—dia sepertinya baru bangun tidur. Kamar type ini luas, disekat-sekat menjadi ruang tamu, ruang bersantai, kamar tidur dan sebagainya, bahkan ruang khusus untuk wardrobe berukuran tiga kali empat meter.

“Ad-ha ap-pa, Bujang?” Yuki menguap.

“Dimana Kiko!” Aku membentaknya.

“Dia sedang mandi. Berendam.” Mata sipit Yuki membesar—lebih serius.

“Suruh dia keluar. Segera!”

“Tapi dia sedang mandi—” 

“SURUH DIA KELUAR SEGERA, YUKI!”

Yuki terdiam. Menatap ngeri wajahku, dia bergegas masuk lagi, menuju kamar mandi, mengetuk pintunya. Bicara sebentar dengan saudara kembarnya, samar-samar terdengar dari ruang tamu. Satu menit, Kiko muncul dengan jubah mandi.

“Hai, Bujang? Ada apa?” Cengar-cengir seperti biasanya.

“Apa yang kalian lakukan 24 jam terakhir, hah?” Suaraku terdengar serius, mengancam. Bahkan Togar yang berdiri di belakangku terdiam mematung—dia jerih mendengar suaraku. Juga Direktur hotel yang pucat.

“Berlibur, Bujang. Apalagi. Ini presidential suites—”

Yuki segera menyikut perut Kiko.

“Kalian kutugaskan untuk mencari tahu pembunuh bayaran yang datang ke negara ini, agar Keluarga Tong bisa bersiap melakukan antisipasi. KALIAN TIDAK SEDANG BERLIBUR!! Tiga jam lalu, apakah kalian tahu, seorang sniper telah menunggu di sebuah gedung. Lantas dia melepas tembakan jarak-jauh saat aku keluar dari pintu pesawat. Lihat bekas darah ini, Kiko! LIHAT!!”

Kiko terdiam. Dia menelan ludah. Dia baru mengerti ini serius sekali.

“Apakah, eh apakah kamu baik-baik saja, Bujang?”

“Aku baik-baik saja, DAN TUTUP MULUTMU, KIKO!! Baru bicara jika aku menyuruhmu bicara. Lihat kemejaku, ini darah seorang remaja usia tujuh belas tahun bernama Rambang. Jika dia tidak berdiri di depanku saat turun dari pesawat, maka akulah yang sekarang terkapar tewas. LIHAT DARAH INI KIKO! Kepala remaja itu ditembus peluru, darahnya bermuncratan membasahi dinding dan menggenangi lantai pesawat. Dia tewas karena kalian bukannya bekerja dengan baik, malah santai berlibur! KALIAN SEHARUSNYA tahu bahwa seorang sniper telah masuk ke negara ini. Kalian bisa mengaktifkan peringatan. Atau kalian lebih suka melihatku mati terkapar, hah?”

Si Kembar tertunduk. Kehabisan kata-kata.

“Aku beri kalian waktu lima belas menit mencari tahu siapa sniper itu. Gunakan semua jaringan kalian selama ini. Telepon siapapun yang kalian kenal dan bisa memberikan informasi, termasuk presiden bila perlu. Jika lima belas menit kalian tidak mengetahui siapa sniper itu, aku akan mengirim kalian kembali ke Jepang, dan kita, catat baik-baik, KITA TIDAK AKAN PERNAH BERKERJASAMA LAGI! Aku juga akan mengirim notifikasi ke seluruh pihak, bahwa kalian masuk dalam daftar hitam tukang pukul bayaran Keluarga Tong. Guru Bushi akan malu sekali di alam kuburnya saat tahu dua cucunya masuk daftar hitam tersebut. Tidak akan ada lagi yang mau memperkerjakan kalian.”

Yuki dan Kiko terdiam. Wajah mereka pias.

“SEGERA YUKI, KIKO!” Aku membentaknya.

Si Kembar rebah jimpah segera berlarian menuju gadget mereka—Kiko bahkan sempat terjatuh, menginjak jubah mandinya. Segera bangkit menyusul kakak kembarnya, melakukan apapun, apapun yang bisa mereka lakukan untuk mencari tahu siapa pembunuh bayaran tersebut.

“Nyalakan timer, Salonga. Lima belas menit.”

Salonga mengangguk takjim.

“Dan hubungi Lubai, Togar. Aku akan berbicara dengannya sekarang.”

Togar segera mengeluarkan telepon genggam, menekan nomor. Nada panggil tiga kali.

“Hallo, Togar. Ada apa?” Suara Lubai terdengar ramah.

“Tauke Besar hendak berbicara, Lubai.”

“Oh, Bujang. Ada apa? Aku baru bertemu dengannya tiga jam lalu. Sambungkan, Togar.”

Togar maju, tangannya sedikit gemetar saat memberikan telepon. Dia belum pernah melihatku marah seperti ini. Aku menerima telepon.

Memperbaiki posisi berdiri.

“Selamat pagi, Lubai.” Aku berusaha mengendalikan intonasi bicaraku.

“Pagi, Bujang.”

“Posisimu di mana, Lubai?”

“Di rumah, Bujang. Tepatnya di dapur, menemani Bibi Kim menyiapkan makanan. Aku baru saja pulang dari kampus, Profesor itu dengan senang hati membantu. Dua tukang pukul menunggui Profesor itu, siap membantu, apapun yang dibutuhkan olehnya agar bisa membaca surat-surat lama itu, kami akan siapkan. Hei, Kim, ada Bujang di telepon.”

Aku mengeluh dalam hati. Di seberang sana, Lubai justeru mengaktifkan loudspeaker.

“Hallo, Bujang. Apa kabarmu, Nak?” Suara Bibi Kim terdengar ramah—aku ingat intonasi suara itu; selama aku di ibukota provinsi, Bibi Kim menganggapku seperti anaknya.

Aku menelan ludah, “Kabarku baik.”

“Aduh, Bujang. Aku kaget sekali saat Lubai bilang Rambang ikut denganmu ke markas besar. Aku keberatan anakku menjadi tukang pukul seperti Bapaknya. Tapi tadi pagi, saat Lubai bilang kamu sendiri yang akan mendidiknya, itu sungguh sebuah kehormatan bagi kami, Bujang. Terima kasih banyak—” Suara Bibi Kim tersendat, dia terharu.

Aku menyeka pelipis. Ini menjadi rumit.

Tapi aku harus segera menyampaikan berita duka cita itu.

Aku diam berapa saat. Hingga suasana menjadi canggung.

“Hallo, Bujang, kamu masih di sana?” Bibi Kim bertanya.

“Iya, aku masih di sini.”

“Ada apa sebenarnya, Bujang? Kenapa mendadak menelepon?” Lubai bertanya, tertawa kecil, “Kita baru saja bertemu tiga jam lalu. Tidak masuk akal jika kamu mendadak rindu padaku.”

“Aku membawa kabar tentang Rambang, Lubai.” Aku bicara.

“Iya, ada apa dengan Rambang?” Lubai bertanya.

“Apakah dia sudah sampai di markas, Bujang? Dia menyukainya?” Bibi Kim ikut bertanya.

Baiklah. Cepat atau lambat aku tetap harus menyampaikan kabar buruk ini. Maka lebih cepat lebih baik, biarlah seperti sembilu, mengiris hati. Pasti perih saat mendengarnya pertama kali.

“Rambang telah meninggal, Bibi Kim, Lubai. Pagi ini. Tiga jam lalu. Dia melakukan tindakan paling terhormat yang bisa dilakukan oleh seorang anggota Keluarga Tong. Dia adalah anggota Keluarga Tong paling hebat. Dia berdiri di depanku, melindungi Tauke Besar-nya dari tembakan sniper jarak jauh. Putra bungsumu telah meninggal—”

Belum habis kalimat itu, Bibi Kim sudah menjerit histeris.

***

Percakapan itu berjalan buruk sekali.

Bibi Kim terus menjerit tidak percaya, sementara Lubai seperti kehilangan kata-kata, berusaha menenangkan istrinya—tapi dia sendiri tak kuasa menerima kabar itu. Aku meremas jemari. Aku bilang jasad Rambang sedang dibawa ke markas besar Keluarga Tong. Setelah diurus, dimandikan, paling telat sore ini akan diterbangkan ke ibukota provinsi. Kami akan menyiapkan pemakaman yang pantas baginya.

“Aku berjanji akan membalasnya, Lubai. Luka dibalas luka. Darah dibalas darah. Nyawa dibalas nyawa. Aku akan membalas pembunuh itu. Sebelum tubuh Rambang dikebumikan, dia akan menyesal telah berurusan dengan Keluarga Tong.”

Bibi Kim masih menangis kencang di seberang sana.

“Balaskan sakit hati ini, Bujang. Balaskan.” Lubai berkata dengan suara bergetar.

Aku menutup telepon. Memutus pembicaraan.

Salonga terpekur menatap lantai. Togar terdiam, sekali lagi dengan tangan bergetar menerima telepon genggam. Ruangan itu lengang sejenak.

***

Tujuh menit, Yuki dan Kiko keluar dari kamar mereka.

Yuki maju patah-patah, membawa gadget. Kiko berdiri di belakangnya, menunduk.

“Pertama-tama, aku sungguh minta maaf atas kejadian ini, Bujang. Sungguh. Aku dan Kiko mengaku bersalah—”

“SIAPA SNIPER ITU, YUKI!” Aku membentaknya.

Yuki menyerahkan gadget di tangannya, “Sersan Vasily Okhlopkov. Lewat kontakku di imigrasi beberapa negara, Sersan Vasily Okhlopkov satu hari lalu tercatat telah terbang dari Polandia, menuju kota ini. Dia transit sebentar di Singapura. Manifest perjalanannya terkonfirmasi, positif. Dia tiba tadi malam, pukul satu dinihari, dan setelah mendapatkan perlengkapan serta senjata M24, dia segera menuju salah-satu gedung di dekat bandara.”

Aku menatap foto di gadget. Wajah sniper itu terlihat. Laki-laki berusia lima puluh tahun. Mengenakan seragam militer bekas Uni Soviet. Wajahnya dingin, ada bekas luka di pipi kanannya. Dia persis seperti seorang pembunuh bayaran, sniper, yang bisa dibayangkan oleh orang lain.

“Aku mengenal dia,” Salonga menghela nafas, “Vasily adalah salah-satu penembak jitu dari bekas negara Uni Soviet. Dia bisa menembak jitu dari jarak 2.000 meter, salah-satu yang terbaik. Karir militernya mentok di pangkat Sersan saat Uni Soviet bubar, tapi karirnya sebagai pembunuh bayaran moncer tak terkira. Pembunuhan seorang Presiden di Afrika beberapa bulan lalu dikaitkan dengannya. Rekornya adalah seratus peresn, dari lima puluh lebih korbannya, tidak pernah ada targetnya yang gagal. Dan dia salah-satu dari tiga pembunuh dengan bayaran terbesar di dunia. Kontraknya minimal 5 juta dollar, tidak ada negosiasi, take it or leave it, dibayar dalam bentuk batang emas murni.”

Yuki mengangguk, “Menurut informasi terpercaya, dia dibayar 25 juta dollar oleh Master Dragon jika berhasil membunuh Bujang. Lima kali lipat dari kontrak minimalnya. Separuh dibayar dimuka, sisanya setelah misi selesai.”

“Kalian tahu di mana posisinya sekarang?”

Yuki menggeleng, “Dia boleh jadi berada di mana pun saat ini, Bujang. Mengintai. Menunggu kesempatan berikutnya.”

“Bagaimana dia tahu pesawat Tauke Besar akan mendarat pagi ini? Apakah ada pengkhianat yang membocorkan jadwal mendarat.” Togar bertanya—akhirnya ikut dalam percakapan.

“Dia sepertinya tidak tahu persis, Togar. Dia kemungkinan besar hanya menebak. Tebakan yang akurat. Hanya aku, Bujang dan Lubai yang tahu pesawat itu mendarat di sana pagi ini. Tapi informan Master Dragon jelas tahu bandara tersebut sering digunakan pesawat jet Keluarga Tong. Chen mungkin telah membocorkan informasi itu. Tapi itu lebih dari memadai, hanya soal waktu, kapanpun pesawat yang dinaiki Bujang terparkir di sana. Dia sabar menunggu—tidak lama, hanya dua-tiga jam, hadiah besarnya datang.”

Togar mengangguk—itu masuk akal.

Aku berpikir cepat. Fokusku sekarang bukan tentang bagaimana pembunuh itu tahu aku mendarat di sana, fokusku adalah bagaimana menghabisi orang ini secepat mungkin. Aku teringat sesuatu. Cara terbaik menaklukkan sniper adalah dengan memancingnya keluar sekali lagi.

“Apakah hari ini aku ada janji pertemuan dengan seseorang, Togar?”

“Ada, Tauke Besar. Bertemu Jim Sang Kolektor, di salah-satu restoran jalan protokoler.”

Aku ingat janji pertemuan itu. Jim Sang Kolektor, dia yang selama ini membantu Keluarga Tong mengumpulkan lukisan, arca, keramik, benda-benda seni terbaik di dunia. Pertemuan itu, di restoran terbaik kota ini, lokasinya di lantai tiga, menghadap jalan protokoler, ada tiga atau empat gedung tinggi di seberangnya. Itu sepertinya lokasi yang ideal.

“Baik. Bocorkan informasi itu secara sengaja, Togar. Aku ingin Si Vasily ini tahu jika aku akan muncul di sana.”

“Apa yang sedang kamu rencanakan, Bujang?” Salonga menatapku serius.

“Menghabisi Si Vasily.”

“Tidak, Bujang. Muncul secara terang-terangan di tempat umum adalah langkah terburuk menghadapi seorang sniper. Kamu harus memikirkan strategi counter sniper. Mulai dari menyatu dengan sekitar, tidak mencolok, juga mengubah jadwal perjalanan. Menggunakan decoy. Tidak menggunakan pola yang sama—”

“Oh ya?” Aku berseru memotong kalimat Salonga, “Lantas kita membiarkan dia mengintimidasi kita? Aku punya rencana, Salonga. Aku akan menghabisi Si Vasily ini. Aku sudah berjanji kepada Lubai dan Bibi Kim, pembunuh itu akan mendapatkan balasan sebelum Rambang dikebumikan. Kita akan menjebaknya. Yuki, Kiko kalian ikut dalam rencana ini. Togar, sekali lagi segera bocorkan rencana pertemuan itu, lakukan sebaik mungkin, agar tidak mengudang kecurigaan siapapun. Si Vasily ini jelas akan menyambar informasi itu, dia tidak mau rekornya rusak. Saat dia terlalu percaya diri, kita akan mengajarinya sopan-santun Keluarga Tong.”

Si Kembar mengangguk.

“Detail semua rencana akan kuberikan beberapa saat lagi. Pertemuan bubar.”

Aku melangkah keluar dari Presidential Suite hotel bintang lima. Yang bergegas mengikuti. Meninggalkan Yuki dan Kiko yang menghembuskan nafas lega. Mereka terduduk di kursi, dan tetap diam di atas kursi itu lima menit kemudian.

***

Aku sendiri yang mengantar jasad Rambang ke bandara. Remaja usia tujuh belas tahun itu terbujur kaku di dalam peti. Dia telah dimandikan, diurus, lubang peluru di kepalanya ditutup sedemikian rupa, tidak terlihat lagi. Pesawat segera membawa jasad Rambang pergi.

Lubai lewat telepon bilang, mereka akan menguburkan Rambang malam ini juga, pukul 19.00 setiba di ibukota Provinsi. Itu lebih baik, dengan segera dikubur, rasa sakit itu semoga berkurang sedikit. Ratusan tukang pukul telah berkumpul di sana, mereka menyiapkan prosesi pemakaman yang megah. Iring-iringan mobil telah menunggu di bandara ibukota.

Itu berarti sebelum pukul 19.00, pembunuh Kim harus sudah mati.

Setelah dari bandara, pukul empat sore, aku meluncur menuju restoran tersebut, janji bertemu dengan Jim Sang Kolektor. Rencanaku berjalan. Dan kabar baiknya, Salonga akhirnya menyetujuinya, dia menambahkan beberapa sentuhan agar jebakan itu tidak terdeteksi oleh Sersan Vasily—saran yang sangat penting, karena Salonga tahu psikis seorang pembunuh bayaran, dia pernah melakukan profesi itu, meski bedanya dia adalah penembak pistol jarak dekat. Rencanaku harus berjalan senormal mungkin.

Yang pertama, informasi itu tidak dibocorkan oleh Keluarga Tong dari kota ini. White di Hong Kong yang membocorkannya, dia mengirimkan kabar itu melalui salah-satu rekan marinirnya, kemudian seperti kartu remi yang roboh berbaris, berita itu akhirnya tiba di telinga Master Dragon. Lantas Master Dragon sendiri yang menelepon Vasily. Itu jelas akan disambar Vasily, karena yang memberitahu adalah Master Dragon. Dia tidak berpikir sesenti pun kalau itu jebakan.

Yang kedua, restoran itu ditutup untuk umum, lantas dibanjiri oleh banyak tukang pukul. Keberadaan tukang pukul itu seolah sebagai pesan, kami serius menanggapi kejadian tadi pagi. Tukang pukul berbaris, menjadi pagar hidup. “Vasily akan melihatnya dari jarak jauh. Bujang benar, Vasily terkenal congkak dan kadangkala terlalu percaya diri. Saat melihat kerumunan pagar hidup, dia akan tertawa meremehkan.”

Pukul 16.45, lima belas menit sebelum pertemuan. Vasily sudah berada di salah-satu dari tiga gedung di seberang restoran ternama. Dia tertawa kecil saat melihat lewat teleskopnya.

“Глупый, я все равно могу убить даже сотни солдат, dasar bodoh, aku tetap bisa membunuh seseorang meski dengan ratusan pasukan melindunginya.”

Dia memang bisa tetap membidik kursi sasaran di celah-celah tukang pukul.

Yang ketiga, aku sengaja datang terlambat. Jim Sang Kolektor tiba 16.57. Manajer restoran mengantarnya ke meja paling baik. Jim Sang Kolektor duduk menunggu di sana. Berkali-kali melihat jam, berkali-kali bertanya kepada tukang pukul di sekitarnya, masih berapa lama lagi Tauke Besar tiba? Tukang pukul bilang tidak tahu. Itu juga saran dari Salonga. “Vasily akan sabar menunggu. Dia justeru memang berekspektasi kali ini tidak semudah sebelumnya. Dia akan menduga Tauke Besar mungkin ragu datang, mungkin membatalkan pertemuan. Persis dia akhirnya melihatmu, dia akan tertawa kecil lagi.”

Pukul 17.50, hampir lewat satu jam dari janji bertemu, aku akhirnya muncul. Vasily bisa melihatnya dari teleskop, dia tertawa, “Ублюдок наконец пришел, bajingan ini akhirnya datang juga.”

Vasily memastikan sekali lagi arah dan kecepatan angin. Senjata M24-nya telah siap dari tadi.

Di restoran aku bersalaman dengan Jim Sang Kolektor.

Vasily berhasil menemukan celah terbaik, di antara dua kepala tukang pukul yang menjadi pagar hidup, dia persis membidik jantungku.

Pukul 17.52, Vasily tersenyum, “Прощай мой друг, selamat tinggal, Kawan.” Dia menarik pelatuk senjata. Peluru melesat cepat di atas jalan protokol, menghancurkan kaca restoran, melewati celah dua kepala tukang pukul.

“KLONTANG!!” Menabrak sesuatu. Peluru itu terpelanting jatuh.

Yang keempat, Salonga menyarankan memasang kaca anti peluru persis di dekat meja tempatku bertemu dengan Jim Sang Kolektor. Peluru memang tepat mengincar jantungku, tapi tidak berhasil menembus banteng terakhir. Tergeletak di lantai restoran.

Vasily menelan ludah. Apa yang terjadi? Kenapa tembakannya gagal? Aku terlihat sehat walfiat di kursi. Dia berpikir cepat.

Lima detik, dia tahu, ada kaca anti peluru di bawah sana. Dua detik kemudian, dia tahu, ini jebakan. Dia segera bangkit, berdiri, mengambil koper senjata, membereskan peralatan.

Tapi dia telah terlambat. Di bawah sana, aku, Yuki dan Kiko telah tahu di mana persis posisinya menembak. White mengirimkan “Boomerang” dari Hong Kong. Benda itu dikembangkan oleh DARPA Amerika Serikat, alat counter sniper. Alat itu menggunakan sensor super untuk mendeteksi ‘sonic shock wave’ yang dikeluarkan oleh peluru yang melesat cepat. Sensor akan segera mengklasifikasi, melokalisasi, lantas menunjukkan dari mana titik tembakan berasal. Togar yang bertugas membaca alat itu dari salah-satu mobil van di dekat restoran, kemudian dia memberitahuku di lima belas detik pertama setelah tembakan. Tembakan itu berasal dari gedung lima belas lantai di seberang restoran, persis dari sayap kanan lantai enam. Salah-satu jendela kaca terbuka di sana, Vasily mengintai di situ.

Aku telah melesat cepat dari bawah gedung, disusul Yuki dan Kiko.

Aku? Yeah, itu saran terakhir dari Salonga. Yang kelima, aku menggunakan body double. Itu bukan aku yang menemui Jim Sang Kolektor, melainkan model, seorang aktor dengan perawakan mirip denganku, lantas make up artist kelas Hollywood membuat wajah, rambut, tampilannya 99% seperti aku. Vasily terlalu percaya diri, dia bahkan tidak perlu memastikan sedetik apakah itu sungguhan targetnya atau bukan—karena percaya telepon Master Dragon sebelumnya. Dia telah melepas tembakan, itu berarti dia telah memukul lonceng kematian sendiri. Lokasinya diketahui.

Aku justeru bersiap di seberang bersama Yuki dan Kiko, sekarang berlarian menaiki anak tangga darurat—pintu lift telah dimatikan oleh tukang pukul yang sejak tadi berjaga di tiga kemungkinan gedung lokasi Vasily. Tubuhku melenting cepat terus naik. Di bawah, Yuki dan Kiko tidak kalah sigap, Si Kembar kali ini mengenakan pakaian hitam-hitam, bebat hitam di kepala, tampilan mereka amat serius, mereka adalah ninja terbaik didikan langsung dari Guru Bushi, bergerak begitu mengagumkan di belakangku, meniti pegangan tangga, berlarian dengan mudah.

Kami tiba di lantai enam, langsung melewati lorong, menuju lokasi Vasily.

Alat itu akurat sekali.

Persis aku mendobrak pintu terakhir, Vasily telah selesai berkemas. Dia terkejut melihat kedatangan kami, tidak menduga secepat itu lokasinya ditemukan, Vasily berseru panik, dia berusaha menembakkan pistol ke arahku.

Dasar bodoh. Dia adalah penembak jarak jauh, itulah keahliannya. Dalam perkelahian jarak dekat, dia bukan siapa-siapa. Yuki lebih dulu loncat penuh gaya, sambil melepas shuriken, menghantam telak tangannya, tembus, pistol itu terlepas jatuh, Kiko sudah menyusul, dia mencabut samurai, bahkan sebelum Vasily menyadarinya, samurai dingin itu telah menempel di lehernya. Membuatnya mematung. Darah merembes dari luka tipis di leher.

“Jangan coba-coba bergerak, Sersan Vasily!” Kiko mendesis. Sekali Kiko menekan samurainya, kepalanya akan menggelinding di lantai.

Vasily tidak bisa melakukan apapun lagi.

Perlawanannya telah selesai—bahkan sebelum dia memulainya.

“Bawa dia, Yuki!” Aku berseru.

Yuki mengangguk, membuat gerakan cepat, mengikat tangan Vasily. Lantas menariknya paksa agar mulai melangkah. Kami tidak turun, kami justeru naik ke lantai paling atas. Vasily tersuruk-suruk seperti seekor kerbau diseret. Dia sesekali mengaduh, minta lebih lambat, Kiko akan menghunus samurainya, mengancam, membuatnya terus berjalan menaiki anak tangga. Persis kami tiba di atap gedung, Togar datang bersama helikopter.

“Apa yang akan kalian lakukan kepadaku?” Vasily berseru dalam bahasa Inggris, wajahnya pias.

Aku tidak menjawab. Dia bahkan tidak layak bicara denganku secara langsung. Levelnya terlalu rendah. Seorang pengecut yang membunuh dari jarak-jauh.

“Aku mohon, Tauke Besar, apa yang akan kalian lakukan kepadaku?”

Yuki menampar pipinya agar diam. Memaksanya naik helikopter.

“Aku akan melakukan apapun. Apapun! Tapi jangan bunuh aku, Tauke Besar.” Vasily berteriak serak, dia sudah di atas helikopter.

Aku mengangkat tangan, memberi perintah. Helikopter segera pergi, meninggalkan atap gedung. Ada Togar di sana bersama dua tukang pukul, membawa Vasily.

“AKU MOHON!!” Suara Vasily masih terdengar samar, sebelum helikopter itu menghilang dari balik gedung-gedung.

Matahari bersiap tumbang di kaki barat sana.

Atap gedung lengang.

Lima menit tetap lengang—hanya kesiur angin pelan menerpa wajah.

“Bujang, sekali lagi aku sungguh minta maaf.” Kiko akhirnya berkata padaku, membungkuk, memasang posisi seorang ninja, “Aku akan menebusnya.” Kiko menyerahkan samurainya kepadaku. Dia bersedia menerima hukuman apapun, termasuk kematian—itu makna dari samurai yang diserahkan. Juga Yuki, ikut membungkuk, ikut menyerahkan samurai miliknya.

Jika menurutkan emosi, aku akan memukul Kiko dan Yuki dengan sisi tumpul samurai seratus kali, seperti yang dilakukan Guru Bushi kepada mereka waktu kecil dulu, memukuli si kembar dengan bambu saat mereka terus bermain-main bukannya berlatih. Tapi tidak, aku adalah Tauke Besar sekarang, aku harus bertindak seperti seorang Tauke.

“Aku memaafkan kalian.” Aku berkata pelan, mengembalikan samurai itu ke tangan Yuki dan Kiko, “Lagipula, kalaupun kalian berhasil mendeteksi kehadiran sniper itu, memberikan peringatan, tetap tidak ada yang bisa mencegahnya melepas tembakan pagi tadi. Dia bisa ada di manapun. Ini adalah peperangan, apapun bisa terjadi. Waktu, tempat, pelaku, kita tidak bisa mengendalikan semuanya. Itu bukan seluruhnya kesalahan kalian.”

Yuki dan Kiko saling pandang, lantas menatapku.

Aku mengangguk.

Aku memaafkan mereka.

“Terima kasih, Bujang.” Kiko mengangguk pelan—diikuti oleh Yuki.

“Kembali ke basecamp kalian, Yuki, Kiko, dan kali ini pastikan kalian bekerja dengan baik. Sebarkan ke seluruh dunia, Vasily gagal melaksanakan tugas. Tauke Besar Keluarga Tong sendiri yang menghabisinya.”

Si kembar menurut, segera meninggalkan atap gedung.

Tapi besok-besok, setelah kasus ini selesai, Si Kembar tetap tidak berubah. Mereka selalu bermain-main, itu sudah menjadi tabiat cucu Guru Bushi.

***

Aku masih di sana hingga pukul tujuh malam. Menunggu kabar dari Togar dan kabar dari ibukota provinsi.

Togar akhirnya menelepon. Tugasnya telak dilaksanakan. Jam tujuh persis. Saat jasad Rambang akhirnya tiba di ibukota provinsi.

Saat Bibi Kim menangis memeluk peti mati putra bungsunya, aku menelepon Lubai. Sambil menatap lampu gedung-gedung, lampu mobil-mobil di jalanan yang padat. Langit gelap, ada awan hitam bergumpal menutupi bulan dan bintang di atas sana. Segelap hatiku sekarang.

“Pembunuh putramu barusaja menerima pembalasannya, Lubai.”

“Apakah dia telah tewas?”

“Iya. Tapi aku tidak menembak kepalanya, juga tidak menebas lehernya dengan pedang. Dia dibawa oleh Togar dengan helikopter ke gunung berbatu. Dari ketinggian seribu meter lebih, tubuhnya telah dijatuhkan hidup-hidup, dengan mata terbuka, tangan dan kaki tidak diikat, satu menit lalu.

“Dia telah merasakan sensasi saat kematian itu tiba, Lubai. Itu pembalasan baginya. Seribu meter lebih, itu berarti lima belas detik sebelum tubuhnya menghantam batu. Dan sebagai tambahan, Togar menyemprotkan obat pencipta halusinasi waktu terasa berjalan lebih lambat 10 kali kepadanya. Itu berarti, bedebah itu akan merasakan sensasi seolah selama 150 detik sebelum tubuhnya menghantam cadas bebatuan. Dia tahu persis bagaimana merasakan kematian menjemputnya. Detik demi detik, selama 150 detik dalam halusinasi terburuk yang pernah ada. Sama seperti saat dia membidik target sasarannya selama ini. Kali ini dialah yang dalam posisi itu. Kematian menjemputnya, tak bisa dihindari.

“Dari video yang dikirimkan oleh Togar, pengecut itu menangis terisak, terkencing-kencing membuat lantai helikopter tergenang air kencingnya, memohonan ampunan, tapi Togar menendangnya tanpa ampun keluar dari helikopter, tubuhnya meluncur jatuh di gelap malam. Hancur seperti sebuah apel dilindas truk besar di bebatuan gunung.”

“Semoga Rambang bersitirahat damai di sana, Lubai. Dia telah membuktikan posisinya sebagai anggota Keluarga Tong. Melakukan tindakan paling terhormat yang bisa dilakukan seorang tukang pukul terbaik. Dia pergi dengan segenap kehormatan.”

“Terima kasih, Bujang. Terima kasih telah membalaskan sakit hati ini—” Lubai berkata lirih.

Samar di belakang sana, Bibi Kim terdengar menangis.

Aku menutup telepon.

Malam ini, aku telah menjadi monster yang tak lagi kukenali. Rasa marah, dendam, isak tangis Bibi Kim, membuatku menyuruh sebuah pembalasan tak terperi—aku tadi siang bahkan nyaris menyuruh Togar mengirim pembunuh untuk menghabisi keluarga Vasily di Belarusia (pecahan Uni Soviet) sana, membunuh empat putrinya, istrinya. Beruntung Salonga bergegas merangkul bahuku, berbisik agar aku tidak melakukannya atau besok-besok menyesali perintah tersebut.

Aku mengusap wajahku yang kebas. Setelah persitiwa ini, apapun hasil peperangan dengan Master Dragon, maka kemanakah aku akan membawa Keluarga Tong pergi? Dan lebih penting lagi, kemanakah aku sendiri akan pergi? Apakah aku akan menjadi monster seperti itu terus-menerus?

Aku akan PERGI kemana?

Aku tidak tahu jawabannya sekarang. Semua masih segelap langit malam.
___________________

bersambung ke Bab 13

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 5. Aplikasi Keluarga Tong

Bab 13. Kondangan Raisa

Bab 14. El Padre bagian 1